Membership
Lupa password?
Taman

Kolam Ikan, Secarik Keindahan Alam Di Rumah Kita (2)
Minggu, 19 April 2009

/* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} p {mso-margin-top-alt:auto; margin-right:0in; mso-margin-bottom-alt:auto; margin-left:0in; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-ansi-language:#0400; mso-fareast-language:#0400; mso-bidi-language:#0400;}

gentong 1

Foto: Rynol Sarmon

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah kolam ikan? Menurut Rumyadi alias Odong yang sudah 20 tahun berprofesi sebagai pembuat kolam ikan, untuk kolam sederhana, yang cuma dibuat dari semen dan pasir, per meter perseginya kurang lebih 350 ribu rupiah. "Makin canggih dekorasinya, tentu makin mahal," ujar warga Kelapa Dua, Jakarta Barat itu. "Kalau pakai batu alam, biayanya bisa dua-tiga kali lipat." Selain batu alam, tanaman pun bisa dipakai untuk dekorasi. "Yang paling sering adalah pakis haji, anterium dan tanduk rusa, " ujarnya. "Tapi kalau kolamnya di dalam rumah, sebaiknya tidak pakai tanaman. Kasihan, tidak bisa kena sinar matahari."

Untuk pemeliharaan kolam, Odong menyarankan pengurasan kolam secara rutin serta pengecekan mesin pompa secara cermat. "Mesin pompa jangan sampai kemasukan kotoran. Karena begitu mesin pompa rusak, sulit memperbaikinya. Kalau dipaksakan, salah-salah bisa arus pendek," bebernya. Keberadaan mesin pompa memang sangat vital. "Jenis pompa juga sebaiknya disesuaikan dengan jenis ikan. Ada ikan yang hanya bisa hidup di air berarus kuat, tapi juga ada ikan yang suka di arus tenang. Tapi umumnya, ikan hidupnya di air yang mengalir."

Di samping kolam ikan permanen, Odong juga ahli membuat kolam ikan sebagai dekorasi pesta. "Gampang, kok membuatnya," ujarnya. Pertama, batu bata disusun sebagai dasar kolam, lalu dilapisi plastik cor. "Setelah itu dilapisi lagi dengan batu alam sebagai dekorasi. Kolam pun siap diisi air dan ikan," jelasnya.

Sebagai sentuhan akhir, biasanya Odong mengatur letak tanaman di sekitar kolam. Sama seperti sifat kolam yang tidak permanen, Odong juga menggunakan tanaman-tanaman semusim seperti palem regu, pakis kelabang dan rotansia. Biayanya? Cukup dengan Rp 500 ribu rupiah, termasuk mesin pompa. Nah, siapkah Anda membuat kolam ikan di rumah Anda?

Air Bergerak Sehatkan Ikan

gentong 2

Foto: Rynol Sarmon

Keberadaan mesin pompa merupakan suatu keharusan bagi kolam ikan yang sehat. "Pompa ini akan membuat air kolam bergerak sehingga mampu menyerap oksigen lebih banyak," ujarnya. Selain itu, air kolam yang bergerak juga mampu mencegah tumbuhnya lumut dan berkembangbiaknya jentik nyamuk. "Kolam yang tidak pakai pompa pasti ikannya kurang sehat."

Jenis mesin pompa yang bisa dipakai pun bervariasi baik model maupun ukuran. Ada pompa yang mampu menyemprotkan air dari dalam kolam, ada yang menyemprotkan air dari permukaan kolam, ada juga yang model air terjun. Semua pompa ini dapat disesuaikan besar aliran airnya."Kalau kolamnya besar, dibutuhkan mesin pompa yang besar juga. Untuk kolam besar, tentu dibutuhkan perawatan khusus, misalnya dengan mengadakan bak kontrol tempat mesin pompa dan filter," ungkapnya.

Filter dapat dibuat dari tumpukan ijuk atau batu koral yang dipasang di depan mesin pompa. "Untuk kolam kecil, sih, bisa dipakai submergeble pump atau pompa yang bisa ditanam di dalam air. Pompa ini biasanya kecil, kok." Mesin pompa tersebut biasanya diletakkan di sudut kolam agar tidak merusak estetika.

Dwi Astuti
Foto: Rynol Sarmon

Views : 6631

blog comments powered by Disqus