Membership
Lupa password?
Taman

1001 Manfaat Bambu (2)
Senin, 28 Juni 2010
Taman

Foto: Adrianus Adrianto

Dipercaya Membawa Rezeki

Yang tak boleh dilupakan adalah bambu China (Dracaena sp ) yang banyak dipercaya dapat mendatangkan rezeki. Biasanya bambu yang tingginya 1,5 m ini diletakan dalam pot karena bentuknya tidak seperti tanaman bambu pada umumnya dan daunnya lebih halus dan berbatang lunak.

Jumlah batangnya pun memiliki arti tertentu: tiga batang untuk kebahagiaan, lima batang untuk kekayaan, enam batang untuk kesehatan. Empat batang yang dihindari karena terdengar mirip dengan kata “mati” dalam bahasa China.

“Semakin kreatif rangkaiannya, akan bertambah tinggi harganya, biasanya bambu China setinggi 1-1,5 m dan dijual seharga Rp 50-70 ribu/pot, bahkan ada yang mencapai jutaan!” jelas Mulyadi , pemilik kios tanaman di Kranggan.

Bambu China juga berfungsi sebagai penyaring udara (filter), terutama apabila diletakan di dalam ruangan. Lain halnya dengan bambu Jepang, harganya jauh lebih murah. Untuk 3 batang setinggi 2-3m dijual seharga Rp 10 ribu. Bambu kuning dengan tinggi 2-3 m, sebanyak 3 batang dijual seharga Rp 60 ribu.

Taman 1

Foto: Ahmad Fadilah

Tips

Bambu membutuhkan penyinaran matahari penuh dan banyak air.

Media tanam untuk bambu China adalah, pasir:tanah:pupuk, perbandingannya 1:1:1

Pilih pupuk yang mengandung banyak nitrogen untuk tanaman bambu.

Untuk pekarangan kecil dapat dipilih jenis bambu yang berbatang dan daun kecil ataupun jenis bonsai dari bambu Jepang/ bambu kuning .

Jarak tanam bambu Jepang dan bambu kuning berkisar antara 20-30 cm sehingga akan terlihat padat dan efektif sehingga berfungsi sebagai pagar hidup dan filter udara.

Bambu jepang juga cocok dijadikan pagar hidup, berfungsi menutup pandangan dari luar ke dalam atau sebaliknya, sebagai peredam kebisingan, penyaring udara, dan penahan angin

Lucy Maulana, landscaper, 0852 1693 1764, Lokasi: Kediaman Adriana Tulaar (cimanggis), Virlyta (bekasi) & rumah contoh kebayoran garden (021-745 4545 & 021-745 5555)
Foto: Adrianus Adrianto


blog comments powered by Disqus