Membership
Lupa password?
Konsultasi Griya

Bisnis Praktis Sayuran Hidroponik
Senin, 30 Maret 2009
Bisnis Praktis Sayuran Hidroponik

Berapa buget belanja sayuran Anda dalam sehari? Nah, kenapa tidak mencoba menanam sendiri. Ada cara menanam yang lebih praktis. Bahkan jika Anda mau bisa dijadikan lahan bisnis.

Saat musim kemarau seperti sekarang ini, tanaman hidroponik tak perlu ditutup dengan plastik. "Yang perlu diwaspadai hama ulat. Perhatikan tanaman 3 hari sekali. Begitu ada ulat, langsung basmi. Jika banyak kotoran ulat di bawah tanaman, tandanya terserang hama. Biasanya hama datang di malam hari," papar Setia.

Sayur ini bisa dipanen setelah 1 bulan. Untuk kangkung malah bisa ditanam 2-3 kali. Setia memaparkan, untuk skala konsumsi keluarga, modal awalnya yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 50 ribu. Selamat mencoba!

Menghitung Untung
Jika Anda berniat bisnis sayuran hidroponik. Berikut ini modal yang harus Anda keluarkan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Baru setelah masyarakat mengenal produk kita, bisa menaikkan harga sesuai dengan pasar. "Keuntungan bisa mencapai 2-3 kali lipat. Kalau bisa jangan sekadar menjual sayur organik, bisa saja ditambah dengan buah organik," tandas Setia. Siap berbisnis?

Noverita K. Waldan

Lokasi: Kebun Wisata Pasir Mukti, Jl. Raya Tajur Pasirmukti, Citeureup, Bogor (021 87943864).
Foto-foto: Ahmad Fadillah/NOVA


blog comments powered by Disqus