Membership
Lupa password?
Interior

Warna Cerah di Ruang Tamu (1)
Kamis, 14 Januari 2010
ruang tamu cerah

Foto: Adrianus Adrianto/NOVA

Ruang tamu menjadi bagian penting dari rumah karena fungsinya ­sebagai penerima tamu. Kesan pertama yang dihadirkannya, menunjukkan gaya kepemilikannya.

Ruang tamu adalah area publik. Karena itu, ruang tamu biasanya didesain dengan sangat unik dan nyaman, agar tamu yang datang bisa merasa nyaman. Bahkan ruang tamu bisa menjadi penarik perhatian pada setiap rumah.

Tak heran jika biasanya letak ruang tamu berada pada bagian depan sebuah rumah. Alasannya tentu saja karena fungsinya memang sebagai ruang penerima.

Satu Kesatuan

Terdapat beberapa cara agar ruang tamu bisa tampil lebih menarik, salah satunya adalah bahwa kita harus tetap memperhatikan konsep rumah kita sendiri, agar tetap menjadi satu kesatuan dalam rumah itu.

Contohnya, jika rumah kita bergaya modern, maka ruang tamu diberi sentuhan modern juga, atau jika bergaya minimalis, maka ruang tamu juga diberi sentuhan minimalis. Namun, apapun temanya, bukan berarti ruang tamu menjadi monoton karena konsep rumah yang ada.

Eksperimen Warna Cerah

Salah satu ide untuk memberi nuansa bold juga jauh dari kesan monoton pada ruang tamu adalah dengan menggunakan warna-warna cerah. Selain itu, warna-warna cerah juga bisa memberikan sentuhan segar pada ruang tamu Anda.

Jika konsep rumah Anda minimalis, bukan berarti Anda memberikan warna dinding yang abu-abu. Monoton sekali jika Anda menggunakan gradasi warna dari abu-abu muda sampai abu-abu yang gelap.

Memang warna abu bisa memberikan kesan luas dan dingin, tetapi jika terlalu dominan, ruang tamu sama sekali tidak segar suasananya.

Cobalah memberi warna yang berbeda pada satu bidang dindingnya, jika ingin sedikit sejuk, misalnya dengan warna hijau. Atau warna biru yang melambangkan ketenangan. Warna kuning yang ceria juga bagus untuk ruang tamu.

Selain cat dinding, banyak elemen yang bisa diganti dengan warna-warna yang cerah. Seperti gorden, bantal pada sofa, ataupun taplak meja.

Naskah: Rum@h Desain (www.rumahdesain2009@blogspot.com)

Views : 6766

blog comments powered by Disqus