Membership
Lupa password?
Interior

Siasat Kamar Anak Minimalis, Multifungsi
Kamis, 30 Juni 2011
Dominasi Warna Merah Putih

Dominasi warna putih menjadikan ruangan lebih luas, imbangi dengan warna merah menyala agar anak tetap bersemangat

Supaya anak Anda merasa betah dirumah, cobalah membuat kamarnya lebih menarik.

Membuat kamar yang memadai dan nyaman bagi anak sangat penting. Selain harus bersih, kamar anak juga harus mampu menunjang tumbuh kembangnya, lho. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda melengkapinya dengan berbagai fasilitas yang sesuai dengan kebutuhannya, misalnya fasilitas belajar dan bermainnya.

Apabila Anda memiliki ruang atau lahan untuk kamar anak yang tidak terlalu luas (sempit), ada baiknya Anda menentukan pola konsep dan furnitur yang mendukung ruang. Tujuannya agar konsep multifungsi pada kamar tidur anak bisa tercapai dan bisa dipakai. Jangan khawatir, NOVA juga memberikan tips seandainya anak Anda tak hanya satu.

Minimalis = Putih

Untuk mempertegas konsep minimalis, jangan lupa memasukan unsur putih di dalamnya. Lupakan warna-warna mencolok yang nantinya malah akan membuat kamar menjadi “penuh”. Sedang warna merah yang ada pada desain 3D di atas hanyalah aksen namun diharapkan mampu menumbuhkan rasa semangat anak untuk melakukan aktivitasnya di kamar.

wallsticker pengukur tinggi

Wallsticker berupa pengukur tinggi badan anak bisa diaplikasikan di kamar anak

Customized Furniture

Dengan costumized furniture, seperti pada desain di atas, anak bisa berbagi kamar dengan saudaranya (dua orang anak). Sebagai alternatif untuk menyesuaikan keterbatasan ruang, Anda bisa menggunakan ranjang bersusun. Di ujung kaki, untuk meminimalisir zonk  area, Anda bisa menempatkan lemari pakaian dua pintu di sana. Sedangkan pada bagian sisi kirinya, cobalah padukan lemari kecil berjajar dengan rak gantung susun di atasnya. Kesan simple  dan multifungsi yang Anda inginkan pada ruang ini pasti akan semakin terpenuhi.

Kebutuhan meja belajar pada kamar tidur anak juga merupakan salah satu kebutuhan primer. Agar tidak terkesan penuh, bagian atas lemari kecil di sisi tempat tidur tadi bisa digunakan sebagai meja belajar. Rak gantung yang bertengger di atasnya, bisa digunakan sebagai rak buku anak atau pernak-pernik. Selain lebih rapi, simple , dan serasi ketika dipadukan dengan rak gantung susun dua tingkat itu.

Lampu Downlight

Foto: Ahmad Fadilah

Lampu Downlight

Selanjutnya, untuk membuat kesan luas pada kamar anak, letakkanlah cermin besar pada sisi ruang yang lainnya. Pantulan dari cermin besar yang menempel di dinding itu akan menimbulkan kesan kamar lebih besar. Kesan modern juga Anda dapatkan dari aplikasi motif sunblast  pada kaca.

Selain itu, penerangan dengan menggunakan lampu downlight  tepat di atas kaca akan memberi kesan ruang yang lebih lega. Hal ini dikarenakan penerangan bisa terpancar secara maksimal dibantu dengan pantulan dari cermin.

Kesan modern juga bisa didapat dari permainan level  ketinggian pada plafon yang berpadu dengan sinar lampu downlight . Jangan lupa gunakan karpet dengan corak dan warna yang senada dengan dinding untuk memberikan suasana hangat pada penghuninya.

Jika Anda ingin menampilkan kesan asri, Anda bisa menempatkan pot-pot bunga kecil di atas almari, sedang unsur etnik bisa dimunculkan dengan jam dinding yang unik dan dipadu kelambu dengan motif yang senada akan menguatkan aksen tersebut.

Naskah & ilustrasi 3D: Diyan Permana ST., Griya Desain Surabaya Team, Studio & Office: Jl Dukuh Pakis VE/17, Surabaya, Jawa Timur, (081331390957, 031-77055253), griyadesainsby@yahoo.com. www.griyadesainsurabaya.com, koleksi wallsticker: http://www.katzedecal.com/, 0857-1009-8534, katzedecal@gmail.com, facebook: katzedecal, koleksi tempat tidur kelambu: kids republik, Mall of Indonesia, Rukan italian walk Blok j-11 (lobby 2), (021-458 66774), kidsrepublik@gmail.com, Facebook: kids Republik

Views : 5645

blog comments powered by Disqus