Membership
Lupa password?
Interior

Perpustakaan Pribadi Di Rumah Mungil (2)
Kamis, 26 November 2009
perpus 2

Ilustrasi 3D: studiomimpi desain

Buat Furnitur
Khawatir dengan biaya membuat furnitur baru? Gunakan saja lemari pajangan atau lemari televisi yang sudah ada. Kuncinya terletak pada sistem penataan buku-buku dan aksesoris atau pajangan lainnya.

Lain halnya jika jumlah buku cukup banyak dan dirasa sangat memerlukan furnitur tambahan. Pastikan pilih lemari buku yang memiliki warna dan style sesuai dengan furnitur yang sudah ada di ruang keluarga.

Tidak jarang, Anda harus memesan furnitur baru dengan desain khusus untuk penyesuaian ini. Dalam hal ini, jangan sungkan untuk berdiskusi langsung dengan pihak pembuat furnitur pilihan Anda.

Perlu diingat, bahwa lemari buku tidak berbeda jauh dengan layaknya sebuah lemari penyimpanan. Dan lemari penyimpanan itu, ada yang sifatnya tertutup dan ada yang terbuka, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Lemari Buku Tertutup

perpus 1

Foto: Martin/IDEA

Lemari buku tertutup, dapat melindungi buku dari debu dan sinar matahari langsung yang mungkin saja mencapai ke tempat penyimpanan buku tersebut. Atau bahkan air yang jatuh dari langit-langit yang bocor. Tetapi, sebaiknya, pintu lemari tetap bersifat transparan, atau menggunakan daun pintu dari kaca. Hal ini untuk memudahkan mencari buku.

Kekurangannya adalah tingkat kelembapan dalam lemari yang cukup tinggi, sehingga dapat merusak kertas buku seiring berjalannya waktu. Untuk mengatasinya, gunakan kapur barus atau silica gel di dalam lemari. Jangan lupa menggantinya secara rutin untuk mempertahankan bagian dalam lemari tetap kering.

Lalu, jarak antar hambalan atau rak di dalam lemari buku, harus diperhitungkan dengan cermat. Sebaiknya hambalan dibuat fleksibel (dapat diatur jaraknya) agar bisa disesuaikan dengan ukuran buku yang berbeda-beda.

Lemari buku yang tertutup ini, cocok dengan ruang mungil tanpa penyejuk ruangan. Kelembapan udara di dalam lemari, tidak cepat terbentuk akibat berubah-ubahnya suhu ruang sesaat sebelum dan sesudah penyejuk ruangan dinyalakan atau dimatikan.

Naskah: Anindita Putri
Ilustrasi 3D: studiomimpi desain
Foto-foto: Martin/ IDEA

Views : 2096

blog comments powered by Disqus