Membership
Lupa password?
Interior

Panduan Membeli Meja Makan
Kamis, 23 Agustus 2012
Meja Makan

Ilustrasi

Membeli  meja makan perlu memperhatikan beberapa elemen untuk menjaga keseimbangan antara bentuk dan fungsional ruang makan. Gunakan beberapa panduan berikut dalam menentukan meja makan yang tepat, sesuai dengan dekorasi dan luas ruangan, serta memenuhi kebutuhan ritual makan bersama keluarga Anda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya, bentuk, gaya dan warna yang membuat  meja makan menjadi perabot substansial menyesuaikan nuansa seluruh ruangan.

Bundar Klasik atau Persegi  Kontemporer

Meja persegi panjang dan meja makan bundar adalah  pilihan sepanjang masa yang mudah cocok dengan ruang makan.  Meja bundar membuat suasana percakapan yang mengalir dan hangat. Sedangkan  meja persegi  dapat menampung banyak tamu. Beberapa meja persegi bahkan memungkinkan panjang tambahan dari lipatan meja yang tersembunyi di bagian tengah.

Pilih meja persegi untuk tampilan lebih modern dan unik. Meja persegi juga menawarkan fleksibilitas, panjang atau pendek.

Pilih Ukuran yang Sesuai

Meja makan ideal mampu memberikan permukaan yang dibutuhkan para tamu, tapi tak memenuhi ruangan hingga sesak. Untuk ruang yang luas, dapat menggunakan meja yang panjang hingga memenuhi ruang secara proposional. Sedangkan untuk sebuah ruangan mungil, pilih meja sederhana dengan lipatan yang dapat dibuka untuk menambah kapasitas.

Memungkinkan para tamu bergerak di seputar ruangan dengan nyaman, sisakan ruang sekitar  1 meter antara meja dan tembok. Sebaiknya ukur ruangan dan jalan keluar untuk mengetahui kapasitas ruangan.

Pertimbangkan Fungsi Meja

Pikirkan bagaimana Anda akan memanfaatkan meja makan. Jika Anda kerap menjadi tuan rumah acara keluarga, Anda membutuhkan meja persegi panjang fleksibel dengan meja lipat tambahan maupun meja oval. Jika Anda kerap menggunakan meja untuk sebuah makan malam privat, pilih meja makan bundar yang memungkinkan setiap orang bertatap muka dengan lebih hangat. Meja bujursangkar juga dapat memberikan keintiman dalam ruang makan Anda, sekaligus menawarkan fleksibilitas jika disertai meja lipat tersembunyi yang memungkinkan untuk memperpanjang ukuran.

Solusi Hemat Ruang

Pertimbangkan sebuah meja yang multifungsi dalam ruangan yang mungil, seperti, meja perempat dengan desain cerdas di dapur.  Atau meja yang memiliki permukaan yang dilipat tersembunyi .

Meja Kayu Solid

Sebuah meja kayu lebih memiliki sifat tahan lama  dan tahan goresan serta mudah diperbaiki. Di sisi lain, meja kayu solid lebih mahal tapi tak mudah terbelah seiring waktu.

Pilih Finishing Kayu yang Tepat

Pertimbangkan finishing meja yang sesai dengan kebutuhan. Permukaan yang glossy, cat atau pernis gelap memberikan kesan kayu secara cepat. Sementara warna kayu  dan finisihing warna terang dapat menyamarkan kesan kayu.

Pilih lapisan kedap air untuk menghindarkan noda akibat sisa air di permukaan. Jangan membuka botol di area yang ramai dan jauhkan jangkauan anak-anak dari sesuatu yang berisiko tumpah di meja makan.

Test-Drive Meja  Makan

Ketika membeli sebuah meja makan baru, cobalah duduk di kursinya. Rasakan kenyamanan dan kestabilan kursi makan. Pastikan meja memiliki cukup ruang untuk siku tapi tak terlalu  jauh ketika saling mengulurkan makanan (sekitar 80 cm antara  tengah kursi ke tengah meja).

Cobalah bersandar di meja untuk memastikan stabilitas meja.

Pilih Kursi yang Tepat

Pertimbangkan bagaimana kursi cocok dengan meja makan, terutama ketika membelinya secara terpisah. Pastikan kursi (termasuk sandaran tangan) cocok dengan bagian bawah meja berikut sandaran tangan tak menatap meja.

Pastikan ketika Anda duduk bersilang kaki, masih cukup ruang untuk duduk dengan nyaman. Juga, pastikan kaki-kaki meja tidak mengganggu kursi makan.

Laili  / dari berbagai sumber

Views : 1869

blog comments powered by Disqus