Membership
Lupa password?
Interior

Menata Dapur Idaman (1)
Selasa, 24 April 2012
Dapur

Ukurlah setiap jengkal area rumah atau apartemen yang akan dibuat menjadi dapur dengan tepat dan teliti agar layout desain lebih mudah dibuat dan Anda bisa mengetahui biaya pembuatan dapur. (Foto: Adrianus Adrianto)

Sebelum mendesain dan membangun dapur impian, perhatikan beberapa hal penting ­berikut ini.

Sudah tidak zaman lagi “menyembunyikan” dapur di rumah. Saat ini, dapur justru menjadi salah satu prioritas dalam mendesain rumah. Dapur pun dibuat dengan ragam desain yang menarik. Tak sedikit pula yang menjadikan dapur sebagai tempat mengobrol intim bersama anggota keluarga. Bicara soal ukuran, dapur kecil atau dapur besar sebenarnya sama-sama dapat tampil memesona sekaligus fungsional. Anda hanya perlu memahami beberapa langkah penting sebelum menuangkan ide-ide kreatif untuk dapur.

Pentingnya Mengukur

Sebelum mendesain dapur, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengukur luas ruangan dengan tepat dan teliti. Akan lebih baik jika Anda menggunakan jasa profesional untuk mengukur karena dapur biasanya menggunakan furniture built in  atau furnitur yang dibuat sesuai dengan kondisi ruangan. “Jika Anda mengukurnya sendiri dan terjadi kesalahan, Anda harus merombak ulang kembali dan akan menjadi pemborosan karena ada biaya tambahan,” jelas Sasti Annisa S.Sn .

Hasil mengukur tadi juga akan memudahkan Anda dalam menentukan layout  desain dan memberikan gambaran biaya yang dibutuhkan. Yang harus diukur, tentu saja lebar dan tinggi setiap dinding sekaligus jarak setiap sudut ke pintu. Saat mengukur, ukur juga ruang untuk bingkai jendela dan pintu. Jarak jendela dan pintu ke lantai, plafon, dan ujung dinding juga tak boleh luput diukur.

Informasikan juga peralatan apa saja yang Anda miliki dan mintalah desainer interior Anda untuk mengukurnya. “Misalnya memiliki microwave , mintalah space  di area meja kerja dapur sesuai ukurannya microwave  yang dimiliki. Begitu juga untuk peralatan dapur lainnya seperti dispenser, blender, coffee maker , dan toaster . Jangan lupa minta desainer interior untuk menyembunyikan equipment  tak lazim seperti filter air yang biasanya tergeletak di samping sink ,” jelas penulis www.sastidesign.blogspot.com ini.

Alat Masak

Tarulah alat masak yang sering dipakai berdekatan dengan kompor. (Foto: Adrianus Adrianto/NOVA)

Perhatikan Alur

Alur kerja di dapur juga tak kalah penting karena akan memudahkan setiap aktivitas di dapur. Dari mulai persiapan, memasak, menyajikan, hingga mencuci dan membereskan akan lebih efisien jika letaknya tak terlalu jauh atau sebaliknya. Idealnya jarak antara kompor dan hood  sekitar 65 – 75 cm.

Jika dapur Anda bertipe double line , idealnya jarak antara koridor meja dapur sekitar 120 cm. Tujuannya, agar ketika ada dua pengguna yang memakai dapur, alur kerja tidak terganggu atau saling berhimpitan. Meja dapur harus didesain sedemikian rupa sehingga penggunanya tidak terus-terusan membungkuk ketika beraktivitas atau berjinjit bagi pengguna dapur yang mungil. “Meja dapur sebaiknya setinggi pinggul penggunanya,” jelas Frederica.

Nah, karena ukuran dapur di setiap rumah berbeda, Anda bisa mengacu pada saja tinggi badan pemakai dapur dan luas dapur. Yang jelas, jarak dan ukuran tersebut harus memenuhi kriteria berikut:
- Anda harus bisa bergerak dengan cepat dan mudah di antara kompor, kulkas, dan bak cuci.
- Pastikan jarak antara kompor dan bak cuci tak terlalu jauh.
- Perhatikan ketinggian meja dapur dan lemari dapur dengan lantai dan tinggi badan. Jangan sampai membuat Anda sering berjinjit dan kesulitan meraih barang yang diperlukan.
- Taruh piranti memasak berdekatan dengan piranti lain yang sering digunakan oleh piranti tersebut. Misalnya alat masak seperti penggorengan, sodet, sendok sayur, panci, dan lain-lain disimpan berdekatan dengan kompor.
- Pastikan pencahayaan di dapur cukup memadai. Jika memungkinkan, pasang lampu di bawah lemari atas sehingga Anda bisa dengan leluasa dan nyaman saat menyiapkan bahan masakan di table top .
- Tempat pembuangan sampah dapur harus mudah diakses.
- Perhitungkan juga bagaimana jika pintu kulkas atau pintu kabinet dapur dibuka supaya ketika pintu dibuka, alur kerja di dapur tidak terganggu.

Astrid Isnawati/Dari berbagai sumber / bersambung

Lokasi: Show Unit The Wave Coral & Show Unit The The Wave Sand - Marketing galery Komplek rasuna Epicentrum, Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta 12940, (021-5290 6666, Fax: 021-5290 6888), | Sentra Timur Residence, Jl. Sentra Primer Timur, Jakarta Timur 13950, (021-4870 4999, Fax: 021-4870 3182) | Belmont Residence, Jl. Lapangan Bola Meruya Ilir, Meruya Utara, Jakarta Barat 11620 (021 - 589 035 88), Foto: Adrianus Adrianto


blog comments powered by Disqus