Membership
Lupa password?
Interior

Kiat Memperbaiki dan Membersihkan Stainless Steel
Kamis, 19 Juli 2012
Stainlees Steel

Ilustrasi

Anda mungkin tak akan mampu menghindari penggunaan stainless steel di rumah diluar alat rumah tangga dan alat masak. Beberapa bahan stainless steel dapat saja berupa perabot besar seperti, meja, tempat mencuci piring, pintu panggangan, permukaan kompor dan instalasi rumah yang lain. Mengingat besar dan luasnya permukaan perangkat stainless steel, tak mudah untuk melakukan perawatan atasnya.

Padahal tanpa perawatan yang memadai, stainless steel rentan rusak dan tak lagi tampil segar. Bahkan dengan seringnya penggunaan, akan menambah perburukan menjadi lebih cepat. Perlu upaya pembersihan secara berkala dan cara yang tepat. Berikut beberapa tips membersihkan stainless steel.

Membersihkan Stainless Steel

Membersihkan stainless steel dapat dilakukan dengan upaya yang minim seperti menyeka permukaan dengan sabun ringan atau deterjen, diikuti dengan bilasan air. Manfaatkan kain pengering untuk menghasilkan permukaan yang lebi bersih dan menyelesaikan pembersihan lebih baik.

Hindari menggunakan produk pembersih kecuali memang dirancang khusus atau disetujui untuk permukaan stainless steel. Jika rumah Anda termasuk memiliki banyak perabot stainless steel, tak usah bingung bagaimana harus membersihkan semua. Stainless steel pada dasarnya cukup dibersihkan ketika terlihat kotor. Pada beberapa kasus, ini dapat dilakukan setahun sekali atau setiap usai digunakan.

Pemeliharaan Stainless Steel

Pemeliharaan stainless steel dapat dilakukan dengan pengawetan dan pasivasi. Beberapa obat bersifat asam akan menghapus kontaminasi permukaan stainless steel. Tapi salah satu bahan dapat berbahaya bagi stainless steel.

Singkirkan benda berbahan besi dari dekat stainless steel Anda karena ini berbaaya. Besi yang memilik level kromium tingkat rendah dapat bercampur dengan permukaan stainless steel dan menyebabkan pengaratan.

Jika situasi tak terkendali, korosi dapat terjadi dan akan membuat pengeluaran untuk perbaikan membengkak. Sebaiknya lakukan perawatan untuk menghilangkan kemungkinan bercampurnya kromium tingkat rendah dengan larutan asam.

Apabila pengaratan sudah terjadi pada permukaan stainless steel, sewa tenaga profesional untuk memastikan stainless steel Anda akan berumur lebih panjang.

Ketika stainless steel menjadi berkarat, perbaikan stainless steel akan tergantung pada tingkat dan sifat korosi. Penting untuk memanggil tenaga profesional secepat mungkin, ketika pengaratan terjadi pada stainless steel Anda. Hal ini mengingat, banyak dari jenis pengaratan terjadi dengan cepat dan perlu perlakuan berbeda dari sebab-sebab terjadinya pengaratan.

Jika Anda tak menanganinya secara tepat akan menimbulkan proyek perbaikan yang mahal dan perlu mengganti satu bagian lengkap dari instalasi stainless steel Anda.

Dan, bila belum terjadi pengaratan, rencana terbaik menekan biaya perbaikan stainless steel adalah mencegah sebelum karat terjadi. Rajin-rajinlah menjaga instalasi stainless steel dalam kondisi bersih. Perhatikan tanda-tanda jika terjadi sesuatu yang salah dengan stainless steel Anda. Pastikan Anda dapat menjaga keawetan instalasi stainless steel di rumah Anda.

Laili / dari berbagai sumber


blog comments powered by Disqus