Membership
Lupa password?
Interior

Kamar Tidur Nyaman dengan Perabot Built-In (1)
Minggu, 24 Januari 2010
tempa tidur builtin

Foto: Romy Palar/NOVA

Normalnya, ruang tidur dibutuhkan sebagai tempat beristirahat. Fungsi turunannya yang tak kalah penting adalah sebagai ruang berkumpul keluarga dan ruang privasi yang dapat memenuhi segala kegiatan pemilik rumah.

Misalnya saja pada kamar tidur, selain diletakkan tempat tidur ukuran 2 m x 2 m, juga terdapat meja kecil (nakas) di samping kiri. Lalu, di kanan tempat tidur dimanfaatkan untuk menyimpan buku-buku dan lampu meja, walking closet , lemari TV, dan lain-lain.

Luas standar ukuran ruang tidur utama biasanya mempunyai luas standar 3 m x 4 m untuk ruang tidur utama, bahkan ada yang lebih kecil dari itu. Tapi kita tidak usah berkecil hati, daripada susah-susah menambah luas ruang yang ada dengan biaya minimal 2 juta rupiah/m2 , lebih baik ruang yang sudah ada kita manfaatkan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Caranya, dengan memilih furnitur yang tepat guna.

Tempat Tidur Utama

Luas ruang tidur utama kediaman Caca Cahyani dan Cipto di Cirendeu Residence, hanya seluas 3,5 m x 4 m. Akan tetapi, tempat tidur dan meja nakas yang dibuat built-in memberi kesan luas pada ruang tidur utama mereka.
Meja nakas tanpa kaki dibuat menempel dengan bagian tempat tidur berukuran 2 m x 2 m. Bagian kepala tempat tidur pun menempel pada dinding, sehingga tempat tidur, nakas dan bagian dinding kamar terlihat menyatu dan tidak membuat kamar terasa sempit.

Model yang minimalis pun memberi kesan sederhana dan ringan pada ruangan yang terbatas. Sisa ruang sebesar 2 m x 1 m masih dapat menyimpan meja TV. Hasil akhirnya? Kebutuhan akan ruang tidur utama yang ideal pun terpenuhi.

tempa tidur builtin2

Di Kamar Anak

Selain tempat tidur kamar utama, tempat tidur built-in pun hadir di kamar tidur anak mereka. Ruangan seluas 3,5 m x 3 m diisi dengan tempat tidur single ukuran 1,2 m x 2 m. Dibuat khusus dengan laci-laci pada bagian bawahnya yang berfungsi untuk menyimpan segala perlengkapan anak.

Tempat tidur berdampingan dengan meja nakas yang dilengkapi kaca panjang, plus lemari pakaian mungil yang terlihat serasi dan menyatu dengan ruang. Warna putih-biru yang mendominasi ruangan memberi kesan luas pada ruangan.

Tempat tidur selain built-in juga dibuat multifungsi, selain sebagai tempat tidur laci-laci di bawahnya juga sebagai tempat menyimpan mainan dan segala pernak-pernik si buyung. Sehingga ruang tidur anak terlihat rapi.

NASKAH: LUCY MAULANA
LOKASI: KAMAR TIDUR UTAMA DAN ANAK (KEDIAMAN CIPTO DAN CACA ­CAHYANI, CIRENDEU RESIDENCE) & WALKING CLOSET (KEDIAMAN DEDE DAN PIPI BACHTIAR)
ILUSTRASI: rum@h desain, http://rumahdesain2009@blogspot.com, rumahdesain2009@gmail.com, Jl. Dahlia D.54 Komp. Mabad 60 Rempoa – Ciputat, 021-93698651
FOTO: ROMY PALAR/ NOVA

Views : 7138

blog comments powered by Disqus