Membership
Lupa password?
Interior

Kaleng Unik, Kaleng Cantik
Sabtu, 30 Januari 2010
kaleng

Foto: Dok. Nova

Kaleng bekas jadi elemen interior rumah? Bisa, kok. Dengan sedikit sentuhan artistik, aneka kaleng bekas jadi cantik dan layak pajang.

Anda punya kaleng bekas susu atau cat? Jangan dibuang dulu! Dengan sedkit kreativitas, kaleng-kaleng bekas tersebut bisa tampil nyeni. Mau dibuat tempat pensil, kaleng kerupuk, vas bunga atau maninan anak? Bisa! Bahkan dibuat jam dinding pun bisa tampil keren.

Tentu saja kaleng-kaleng bekas tersebut tak bisa dibiarkan tampil "polos". Salah satu cara aman yang bisa dilakukan untuk "menyulap" kaleng-kaleng buruk rupa ini, adalah dengan melukisi kaleng-kaleng tersebut dengan cat. Tentu saja, jika ingin menghasilkan lukisan yang bagus dengan mutu tinggi diperlukan teknik khusus, termasuk penggunaan cat khusus, serta penerapan teknik pengeringan tertentu. Dengan teknik yang baik dijamin warna lukisan di kaleng yang Anda gunakan tak akan cepat hilang dan memudar. Untuk cat bisa dicoba cat akrilik, yaitu sejenis cat yang cepat kering.

Kaleng-kaleng hias ini bisa ditempatkan dimana saja di sepenjuru rumah. Tinggal disesuaikan saja bentuk atau fungsi kaleng tersebut dengan ruangannya. Misalnya, penempatan vas bunga dan kaleng makanan kecil di meja kayu membuat ruang tamu menjadi ceria. Penempatan lukisan yang terbuat dari bahan akrilik juga menambah cantik ruang tamu.

kaleng1

Foto: Dok. Nova

Kaleng-kaleng genit ini juga bisa jadi pemanis di kamar anak. Misalnya tempat pensil, jam dinding, atau tempat CD. Berikan warna-warna cerah di setiap gambar. "Dunia anak, kan, sangat pas dengan warna-warna terang," papar Lani yang sudah memproduksi Kaleng Lani selama 7 tahun ini. Bahkan untuk teras rumah pun kaleng bisa dimanfaatkan untuk kotak surat.

Untuk merawat kaleng-kaleng dengan lukisan akrilik ternyata tidak sulit. Tinggal dilap saja. Bahkan, karena tahan air, jika dicuci warnanya tak akan pudar. "Asal jangan disikat terlalu kuat, ya," Lani menjamin sambil tersenyum. Jadi, kaleng pun bisa dipakai jadi elemen interior yang nyeni dan artistik, bukan?

Koleksi: Kaleng Lani, Inn's Restauran (Kenino Galeri), Jl. Raya Cilandak KKO, Jakarta (0815 1421 5725)

Views : 6461

blog comments powered by Disqus