Membership
Lupa password?
Interior

Country Style Gaya Desa yang Hangat
Kamis, 08 November 2012
Kayu Pinus

Foto: Adrianus Adrianto/NOVA

Furnitur ramping dari kayu yang kental dengan tone alami kini makin diminati dan cocok diaplikasikan di rumah.

Jika Anda jemu dengan furnitur-furnitur kayu Jepara yang terkesan “berat” dan kuno, country style dapat menjadi pilihan unik untuk dihadirkan di rumah. Pasalnya, bentuk yang ramping membuat gaya ini cocok diaplikasikan di hunian mungil atau unit apartemen yang menjunjung kepraktisan.

Country style interior mengedepankan elemen kayu ringan dengan warna transparan yang menimbulkan kesan vintage namun tetap nyaman. Belakangan, gaya ini banyak diminati oleh pebisnis sebagai tema kafe atau restoran yang mereka dirikan.

“Di sini trennya memang bermula dari coffee shop . Hawanya nyaman dan homey sehingga akhirnya pemilik hunian ingin pula mengaplikasikannya di rumah,” ujar Theresia , pemilik Moje Natural yang mengaku sangat menyukai gaya interior kasual.

Kayu Pinus

Material natural memang merupakan elemen dominan dalam gaya country . Misalnya untuk melapisi dinding, Anda dapat memilih lembaran kayu atau bata ekspos ­dengan warna-warna alam.

Theresia membandingkan material yang ia pakai dengan kayu jati yang tergolong awet tapi memiliki kelemahan, yaitu ­teksturnya keras sehingga sulit dibentuk. Oleh ­karena itu, ia lebih sering menggunakan kayu pinus dalam membuat furnitur bergaya country karena teksturnya empuk dan mudah dibentuk.

“Meski demikian, bukan berarti furnitur kayu yang Anda ­miliki akan dibuang sia-sia. Misalkan ­pemilik hunian menyimpan lemari warisan yang penuh nostalgia, atau ­memiliki kayu-kayu berumur lama yang bagus, itu bisa dimodifikasi dengan dipoles ulang oleh pilihan warna yang diinginkan,” paparnya.

Lagi pula, kombinasi warna kayu dalam ruangan bergaya country style dapat menambah daya tarik ruangan dan membuatnya tak membosankan.

Rustic

Sentuhan rustic pada gaya country style dapat diwujudkan melalui semen ekspos pada lantai serta placemat dengan material tali rami. Koleksi keranjang serta kaleng cantik pun dapat dimanfaatkan untuk elemen dekoratif hunian. (Foto: Adrianus Adrianto/NOVA)

TakikBikin Rustic

Tak perlu khawatir jika koleksi furnitur kayu Anda memiliki detail berupa takik (torehan yang agak dalam) di ­permukaan. Pasalnya, takik di kayu justru membuat tampilan rumah lebih rustic . Dalam gaya country , hadirnya elemen natural atau aksen “usang” memang akan memberi nilai lebih yang mendukung nuansa hunian.

Contohnya, lantai. Alih-alih menggunakan keramik, nuansa rustic pada hunian country style dapat di­pertegas dengan menggunakan semen ekspos yang telah menempuh ­proses pengacian.

Bunga Hingga Renda

Furnitur pada ruangan bergaya country umumnya dipoles warna yang mendekati tone alaminya. Maka untuk mencegah timbulnya kesan kusam nan membosankan, gaya ini membutuhkan soft furnishing supaya hunian lebih hidup.

Elemen kecil yang sesuai dengan gaya country ini adalah elemen floral serta sentuhan lace yang chic . Sebut saja cushion , pelapis sofa, atau gantungan dinding bercorak floral yang akan menyemarakkan ruangan dengan sempurna. Corak bebungaan pada country style biasanya dipilih berukuran kecil dengan warna pastel yang manis.

Elemen lace atau renda kecil juga dapat diaplikasikan pada taplak, throw , runner , atau tirai rumah. Sehingga kesan minimalis dan dingin dapat diluluhkan. Kemudian, memberi sentuhan warna pastel yang cukup berani pada salah satu furniture juga dapat membuat pojok country style Anda lebih cantik dan menawan.

Annelis Brilian

Lokasi : Moje Natural Furnishing, Jalan Moh. Kahfi I no.26 Jagakarsa - Jakarta, (021) 7883 0707,
Foto : Adrianus Adrianto/NOVA


blog comments powered by Disqus