Membership
Lupa password?
Eksterior

Menyiasati Lahan tak Menguntungkan
Rumah Mediterania nan Dinamis (2)
Rabu, 22 September 2010
rumah 3

Kesan mediteranian harus tetap ditampilkan, sehingga akhirnya diberi sedikit sentuhan minimalis sesuai dengan keinginan pemiliknya (Foto: Adrianus Adrianto/Nova)

Mengadaptasi Mediterania
Tampilan luar bangunan mengadaptasi lingkungan sekitarnya yaitu mediterania. Namun agar tampilan rumah tetap memiliki identitas (baca: pembeda) dengan rumah lainnya, fasad bangunan diolah dengan konsep transparan dan bermain dengan komposisi massa bangunan. Di mana penggunaan bukaan-bukaan kaca yang fungsional memberikan kesan “ringan” dengan komposisi massa bangunan yang lebih ekpresif. Hasilnya? Kehadiran tampilan yang berbeda namun tetap dinamis secara visual dengan lingkungan sekitar juga dinamis dalam pengolahan layout pada kondisi tapak yang ada.

Walaupun tampilan luar sedikit berbeda dengan lingkungan sekitarnya, tetapi konsep mediteran sendiri harus tetap ada. Salah satu contoh dari detail mediterania yang berada pada tampilan rumah ini adalah menggunakan profil sebagai bingkai pintu dan jendelanya. Selain itu juga bisa dilihat dari penggunaan tiang berbentuk bulat dengan desain profil. Plus penggunaan warna sebagai bagian dari keseragaman kawasan ini juga wajib dipatuhi. Sehingga warna nya pun menggunakan warna yang sama dengan bangunan yang sudah ada.

Terbuka di Ruang Dalam

rumah 2

Pantry dan ruang makan sengaja mempunyai akses ke taman bagian belakang sehingga mendapatkan udara dan cahaya yang maksimal (Foto: Adrianus Adrianto/Nova)

Pada awalnya owner sedikit bernegoisasi dengan manajemen perumahan tersebut agar diberikan keringanan sedikit dalam membangun rumah tersebut. Salah satunya adalah dengan tampilan yang sedikit lebih modern atau minimalis. Tetapi, peraturan tetap harus ditaati, agar tidak terjadi konflik antar warga yang sudah bermukim terlebih dahulu di sekitar perumahan. Akhirnya, pilihan pun dipakai dengan meringankan sedikit tampilan dengan pemakaian kaca-kaca lebar.

Karena bagian depan rumah tidak bisa direalisasikan ke dalam tampilan yang modern atau minimalis, bukan berarti interior rumah tidak bisa tampil berbeda dengan tampilan luarnya. Akhirnya interior pada rumah ini bisa menampilkan sesuai dengan keinginan pemiliknya, yaitu dengan menampilkan kesan simple dan modern. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan warna coffee brown yang dipadu dengan warna duco putih pada sebuah pembatas ruang antara ruang tamu dengan dapur dan pada pantry maupun meja makan yang mempunyai skema warna yang selaras.

rumah 4

Salah satu teras di rumah yang menjadi tempat berinteraksi dalam keluarga maupun dengan tetangga sekitar (Foto: Adrianus Adrianto/Nova)

Tak heran begitu memasuki rumah ini akan mendapatkan suasana yang berbeda jika kita berada di luar. Suasana bersih dan lapang sangat terasa di dalam rumah ini, sesuai keinginan pemiliknya akan suasana terbuka sehingga kegiatan dan komunikasi di dalam rumah masih bisa terjalin. Satu hal lagi yang unik dari rumah ini adalah mempunyai dua teras di bagian samping rumah ini. Hal ini bisa mencerminkan kepribadian dari pemilik karena selain sebagai tempat untuk duduk duduk, fungsi teras di sini juga bisa sebagai area penerima tamu karena tidak adanya pagar pembatas antara jalan dengan halaman rumah.

Naskah: rum@h desain
Email: rumahdesain2009@gmail.com
Alamat: Jl. Puring 27/3 Komp PLN Rempa - Ciputat (021-9369 8651)
Lokasi: Kediaman Bpk Sigit dan Ibu Viesta, Graha Hijau II, Ciputat
Foto: Adrianus Adrianto

Views : 5803

blog comments powered by Disqus