Membership
Lupa password?
Aksesori

Sesuaikan Gaya Sepatu & Bentuk Tubuh
Rabu, 13 Juli 2011
Tips Sepatu

Foto: Agus Dwianto

Seperti halnya keharusan menyesuaikan bentuk tubuh saat membeli busana, begitu juga ketika memilih sepatu. Mengenakan alas kaki dengan gaya yang tak sesuai bentuk tubuh hanya akan membuat tubuh terlihat lebih pendek ataupun kaki terlihat gemuk.

Berapa banyak di antara kita yang betul-betul memikirkan gaya dan bentuk sepatu sesuai dengan bentuk tubuh? Berikut pertimbangan-pertimbangan utama yang harus dikedepankan saat memutuskan untuk mengenakan sepatu bergaya apa.
- Ukuran dan bentuk tubuh.
- Ukuran dan bentuk kaki.
- Warna dan ketinggian hak sepatu.
- Jenis acara yang akan didatangi atau gaya penampilan secara keseluruhan seperti apa yang diminta si pengundang.

Ankle Straps
Ankle straps  perlu dihindari bila pemakai memiliki betis dan pergelangan kaki yang besar. Menurut Trinny and Susannah, penulis What Not to Wear , membelit sekeliling pergelangan kaki dengan tali temali hanya akan membuat pergelangan kaki dan betis yang sudah bulat terlihat semakin bulat gara-gara tercekik.

Sepatu ala Balerina
- Tak disangkal kalau sepatu ala balerina atau pumps  merupakan alas kaki yang paling nyaman sekaligus multifungsi untuk keperluan sehari-hari ataupun acara di malam hari. Kendati sepatu ala balerina yang tradisional betul-betul bergaya kasual, akan tetapi kini sepatu jenis ini juga dipenuhi dengan aneka hiasan ataupun berwarna metalik sehingga cocok dikenakan untuk pesta di malam hari.
- Kalau Anda bertubuh pendek dengan kaki relatif besar, maka kenakan sepatu ala balerina hanya saat mengenakan gaun yang panjangnya di atas lutut.
- Menurut Jacqui Ripley, penulis The Makeover  (Piatkus 2004), sepatu ala balerina akan tampil memesona bila dikenakan bersamaan dengan celana yang memiliki belahan atau berpotongan sempit. Untuk mereka yang bertubuh pendek, sebaiknya pilih sepatu jenis ini yang bagian depannya sedikit terbuka. Ini jauh lebih manis ketimbang mengenakan sepatu tradisional dengan bentuk bundar atau kotak di bagian depannya.
- Pergelangan dan betis yang besar dan bulat amat disarankan untuk memilih sejenis sepatu yang sama-sama memberi kesan berat yang justru mampu membuat kaki terlihat lebih panjang.

Boots
- Kalau Anda bertubuh pendek, gunakan boots  berhak tinggi untuk menambah kesan panjang pada kaki saat mengenakan gaun atau rok di bawah lutut. Pastikan warna boots  yang Anda kenakan sama dengan warna busana Anda secara keseluruhan agar tidak terkesan terpotong-potong oleh perbedaan warna tadi.
- Kalau Anda berkaki gemuk, hindari penggunaan boots  sebatas pergelangan kaki atau sepanjang betis. Untuk memperoleh kesan langsing, justru dianjurkan mengenakan boots  penuh yang mencapai lutut. Boots  penuh seperti ini membuat pergelangan jadi terasa ketat hingga memberi kesan panjang pada kaki.

Sandal Datar
Sandal seperti ini yang kini tampil penuh pernak-pernik hiasan dan dalam warna-warna metalik jadi semakin terlihat seksi dan multifungsi. Hampir semua bentuk tubuh sebetulnya bisa mengenakan alas kaki ini. Akan tetapi perhatikan pula penampilan lainnya.
- Kalau Anda berkaki pendek, maka jangan gunakan sandal datar berbarengan dengan busana bergaris yang panjangnya mencapai betis. Kecuali jika Anda memang ingin tampil seadanya. Bila Anda berkaki gemuk, hindari penggunaan sandal mungil penuh tali temali. Akan lebih sesuai bila Anda memilih sandal dengan permukaan yang lebih lebar hingga mampu menampung kaki Anda seluruhnya.
- Begitu juga kalau Anda berkaki besar, sebaiknya lupakan keinginan mengenakan sandal mungil. Pilihlah sepatu yang lebih tertutup, seperti peep toe  atau sling back .

Sandal Gladiator
- Sekalipun jenis ini mungkin tetap memberi gaya tersendiri, hindari sandal gladiator yang bulat dan penuh tali-tali bila Anda tergolong pendek karena sama sekali tak akan membantu meninggikan tubuh Anda. Kecuali jika Anda ingin terlihat seperti hidup di masa Spartacus.

Mule
Hindari sepatu jenis ini bila kaki Anda tergolong tebal. Sepatu bagian depan seolah memotong kaki sehingga terlihat semakin pendek dan bulat.

Peep-Toed
Awas, selalu pastikan kuku-kuku Anda terpelihara dengan baik jika ingin mengenakan sepatu jenis ini. Alternatifnya, kenakan sepatu ini dengan celana ketat yang tak tembus dalam warna-warna kontras. Kalau ingin terlihat lebih tinggi, gunakan warna yang sama atau setidaknya senada dengan warna busana. Bila tidak, Anda harus siap menerima risiko terlihat seperti Alice in Wonderland.

Platform
Sepatu dan sandal datar sangat dianjurkan penggunaannya untuk mereka yang memiliki pergelangan kaki besar dan yang kakinya tak jenjang guna memberi keseimbangan. Bagian depan yang terbuka memberi kesan memanjangkan. Kecuali mereka yang bertubuh sangat mungil, hampir semua bentuk tubuh cocok mengenakan alas kaki jenis ini. Untuk mereka yang bertubuh pendek, sepatu dan sandal platform  mampu menambah ketinggian Anda sekaligus membuat penampilan jadi luar biasa.

Sepatu Lancip
Sepatu jenis ini memberi kesan kaki yang panjang. Kendati demikian, sepatu yang sangat lancip membuat si pemakai jadi sulit berjalan. Selain jari-jemarinya seakan cenderung diperas, masa kejayaan sepatu jenis ini dalam setiap putaran mode biasanya amat singkat. Yang pasti, sepatu lancip mampu membuat kaki terlihat panjang alias langsing karena kemampuannya menahan kaki sedemikian pas berada di dalam sepatu.

Sepatu Bulat Bagian Depan
- Umumnya hak berukuran sedang akan memberi tampilan terbaik pada mereka yang bertubuh tinggi bila mengenakan sepatu yang bagian depannya bulat atau kotak. Sebaliknya, sepatu yang sama akan memberi efek pendek dan gemuk bila dikenakan mereka yang bertubuh pendek.
- Kalau kaki Anda sangat panjang, sepatu yang bagian depannya membulat akan membantu memendekkan. Sedangkan kalau kaki Anda tergolong lebar dengan jempol bulat pendek, mengenakan sepatu model ini hanya akan memperlihatkan kekurangan yang justru hendak Anda sembunyikan.

Stiletto
- Sepatu ini memang sepanjang waktu mampu memberi efek luar biasa yang membuat semua mata tertuju pada keindahan kaki Anda. Kaki jadi terlihat lebih mungil dan feminin, tak peduli apakah Anda bertubuh jangkung ataupun pendek. Hak setinggi beberapa inci tentu tak akan mencelakai siapa pun. Stiletto  bahkan juga bisa mengubah penampilan yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Membuat mereka yang bertubuh pendek terlihat langsing serta menyembunyikan kaki yang panjang di balik gaun ataupun celana panjang.
- Menyedihkan memang bila wanita jangkung cenderung malu mengenakan sepatu berhak tinggi ini lantaran enggan terlihat lebih tinggi dari pasangannya. Tak sedikit pula yang karena merasa ngeri mengenakan Manolo Blahnik. Yang pasti, kalau kaki Anda termasuk berukuran besar, hindari pemakaian sepatu berhak supertinggi.

Wedge
Alas kaki jenis ini membuat pemakainya terlihat lebih tinggi sekaligus memberi kesan kaki jadi lebih panjang. Wedge  juga lebih mudah dan nyaman dikenakan ketimbang stiletto . Wedge  menyeimbangkan pergelangan kaki dan betis yang besar, membuat kaki terlihat lebih ramping tanpa perlu memperlihatkan jempol kaki.

 Paskaria

Views : 13874

blog comments powered by Disqus